Arifwr's Blog

Buat berbagi ….

Lidah dan Pengecapan

Posted by arifwr on 06/09/2009

Oleh : Dede

Lidah mempunyai hubungan yang sangat erat daengan indera khusus pengecap. Fungsi indera pengecap adalah untuk merasakan arti makanan yang enak atau tidak enak dan sebagai alat reflek. Dengan adanya rasa asin, asam, manis dan pahit maka getah cerna akan keluar. Senyawa pahit dikecap pada dorsum lingua, senyawa asam dikecap pada sepanjang tepi lidah, manis dikecap pada ujung lidah dan asin dikecap pada lingua anterior.

Gambar 1. Penampang Lidah

Lidah memiliki pelayanan persarafan yang majemuk. Otot-otot lidah mendapat persarafan dari urat saraf hipoglosus (saraf otak ke-12). Daya perasaannya dibagi menjadi perasaan umum yang menyangkut taktil perasa seperti membedakan ukuran, bentuk, susunan, kepadatan, suhu dan sebagainya dan pengecap khusus.

Gambar 2. Papila Pengecap

Impuls perasaan umum bergerak mulai dari bagian anterior lidah dalam serabut saraf lingual yang merupakan sebuah cabang urat saraf cranial kelima. Sementara impuls saraf pengecap bergerak dalam khorda timpani bersama saraf lingual kemudian bersatu dengan saraf cranial ketujuh yaitu nervus saraf fasialis. Saraf cranial ke-9, saraf glossofaringeal membawa baik impuls perasaan umum maupun impuls perasaan khusus dari sepertiga posterior lidah. Dengan demikian indera pengecapan lidah dilayani oleh saraf cranial kelima, ketujuh, dan kesembilan. Sementara gerakan-gerakannya dipersarafi oleh saraf cranial kedua belas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: